Kepala DKP Kepri Perintahkan, Kacabdis KP lingga Turun Lapangan Mengawasi Pukat Trawl Perairan Lingga.

Kepala DKP Kepri Perintahkan, Kacabdis KP lingga Turun Lapangan Mengawasi Pukat Trawl Perairan Lingga.

kepulauanriau.net – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepulauan Riau Dr.H.T.S Arif Fadillah, S.Sos.,M.Si memerintahkan Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Lingga untuk mengawasi kegiatan pukat trawl yang beroperasi diwilayah perairan lingga.

Perintah kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau ditanggapi langsung oleh Kepala Cabang Kelautan dan Perikanan Lingga untuk turun ke lokasi yang menjadi aktivitas pukat trawl.

“Bahwa benar Ka. DKP Kepri telah memerintahkan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Lingga untuk segera melakukan pengawasan terkait akvitas pukat trawl  diperairan Lingga dan kita telah menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan LSM Resamkala dan kepala Desa Posek, dalam waktu dekat kita (besok atau lusa) segera ke lapangan untuk memantau aktivtas pukat trawl diperairan lingga terutama diperairan posek karena kita telah mendapat laporan dari masyarakat sekitar”. Ujar Kepala Cabang KP Lingga Naskarwandi, ST.

Penggunaan pukat trawl di Provinsi Kepulauan Riau masih marak. pukat trawl tidak ramah terhadap lingkungan sehingga mengancam kelestarian ekosistem laut. Nelayan perlu diedukasi dan penegakan hukum harus tegas.

“Terkait hal ini, edukasi pada masyarakat perlu dilakukan sesuai peraturan Menteri nomor 59 tahun 2020, jadi ada alat yang di bolehkan sesuai permen kecuali pukat trawl dan DKP telah mengintruksikan untuk pergantian alat, namun penggunaan pukat trawl di Kepri masih tetap berjalan, dan kita berharap masyarakat terutama Pokmaswas yang telah di SK kan untuk terus memantau dan memberikan laporan kepada kita terkait aktivitas pukat trawl ” tambah Naskarwandi pada kamis (10/2/2022).

Dalam rangka pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Lingga akan tetap berkoordinasi dengan instansi terkait diwilayah lingga. (redkepulauanriau.net)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.